Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Lingusemfi

Lingusemfi adalah website yang khusus membahas tentang Linguistik, Semiotika dan Filsafat Bahasa. Istilah Lingusemfi merupakan akronim dari tiga istilah tersebut (Linguistik, Semiotika, dan Filsafat Bahasa) Prinsip kajian dalam website ini menekankan pada prinsip konstruktif, kreatif, dan integratif. 

Tiga istilah terakhir diatas digunakan untuk mewakili setiap sub-bagian dalam tiga terminologi yang menjadi fokus kajian Website ini. Konstruktif mewakili kajian Linguistik, kreatif mewakili kajian Semiotika, dan integratif mewakili kajian Filsafat.  

Konstruktif bermakna bahwa tulisan ini bertujuan untuk memberikan pandangan-pandangan yang konstruktif terkait istilah-istilah kebahasan yang tengah berkembang dalam teori linguistik, semiotika, dan filsafat bahasa. 

Kreatif bermakna bahwa setiap tanda yang muncul dalam kehidupan ini adalah tanda-tanda yang akan menopang proses berpikir dan pencarian solusi atas setiap persoalan yang ada. Kreatif akan mendorong untuk berfikir dinamis dalam melihat berbagai fenomena. 

Integratif bermakna setiap konsepsi yang ditelurkan untuk sebuah solusi dilakukan dalam kajian mendalam dan tidak parsial. Integratif dalam ruang ini bermakna penerapan tiga keilmuan yang disebutkan diatas dalam ruang sosial yang bergerak.   

Sederhananya, Prinsip kajian dalam Website ini termanifestasi dalam deskripsi yang disebutkan di halaman judul: "Konstruktif dalam mengkritisi, Kreatif dalam mencari solusi, Integratif dalam berkonsepsi." 

Esai-esai dalam Website ini dilahirkan melalui sudut pandang tiga terminologi keilmuan (Linguistik, Semiotika, Filsafat Bahasa) dengan proses analisis yang konstruktif, kreatif dan integratif.