Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menuliskan Daftar Pustaka Bahasa Arab

 


Beberapa teman menyanyai kami tentang bagaimana menuliskan daftar pustaka dalam bahasa Arab. Sejauh pengalaman penulis menyusun skripsi dan  tesis dengan bahasa Arab, penulisan daftar pustaka berbahasa Arab pada prinsipnya tidaklah berbeda dengan penulisan daftar pustaka pada umumnya baik dalam bahasa Iindonesia maupun dalam bahasa Inggris.

Sebelumnya tehnik menuliskan daftar pustaka sejatinya memiliki banyak pola. Namun demikian beberapa tehnik yang populer dan lumrah digunakan diantaranya adalah model The Modern Language Association (MLA), American Psychological Association Style (APA), Chicago Manual of Style (MCA), dan ISO 690.

Berikut beberapa contoh pengutipan berdasarkan tehnik yang disebutkan diatas.

Soleh, Achmad Khudori. Wacana Baru Filsafat Islam. Pustaka Pelajar, 2004. (MLA)

Soleh, A. K. (2004). Wacana Baru Filsafat Islam. Pustaka Pelajar. (APA)

SOLEH, Achmad Khudori. Wacana Baru Filsafat Islam. Pustaka Pelajar, 2004. (ISO 690)

Dari contoh pengutipan tersebut terlihat beberapa perbedaan penyajian penulisan meskipun pada prinsipnya memiliki satu substansi, yakni bahwa setiap kutipan harus memuat: penulis, judul tulisan, penerbit, dan tahun terbit.

Nah, lalu bagaimana penulisan daftar pustaka dalam bahasa Arab. Persisi seperti kutipan diatas, hanya diganti dengan bahasa Arab.

Berikut contoh penulisan daftar pustaka dengan bahasa Arab:

الغزالي، أبو حامد محمد بن محمد. الإقصاد في الإعتقاد. بيزوت دار الأمانة، 1969

شاكر، مصطفى. تاريخ العرب والمؤرخون. بيروت: دار العلم للملايين، 1978

Demikianlah tulisan tentang cara menuliskan daftar pustaka dalam Bahasa Arab, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi kontak blog ini. Terima kasih. 

Post a Comment for "Cara Menuliskan Daftar Pustaka Bahasa Arab"