Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Reduplikasi

Reduplikasi adalah proses morfemis yang mengulang bentuk dasar, baik secara keseluruhan, sebagian, maupun dengan perubahan bunyi. Oleh karena itu, lazim dibedakan adanya reduplikasi penuh, seperti: buku-buku (dari dasar buku), reduplikasi sebagian seperti lelaki (dari dasar laki), dan reduplikasi dengan perubahan bunyi, seperti bolak-balik (dari dasar balik). Di samping itu, dalam bahasa Indonesia tercatat masih adanya reduplikasi semu, seperti mondar-mandir, yaitu sejenis bentuk kata yang tampaknya sebagai hasil reduplikasi, tetapi tidak jelas bentuk dasarnya yang diulang.

Dalam linguistik Indonesia, sudah lazim digunakan sejumlah istilah sehubungan dengan reduplikasi dalam bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Istilah-istilah tersebut seperti penjelasan berikut:

a.       Dwilingga, yakni pengulangan morfen dasar, seperti: meja-meja, mlaku-mlaku, aki-aki

b.      Dwilingga Salin Suara, yakni pengulangan morfem dasar dengan perubahan vokal dan fonem lainnya, seperti: bolak-balik

c.       Dwipurwa, yakni pengulangan silabel pertama, seperti: lelaki, pepatah, peparu

d.      Dwiwasana, yakni pengulangan pada akhir kata, seperti: cengengesan ‘selalu tertawa’ yang terbentuk dari cenges ‘tertawa’ .

e.       Trilingga, yakni pengulangan morfem dasar sampai dua kali, seperti: dag-dig-dug.

Proses reduplikasi dapat bersifat pradigmatis (infleksional) dan dapat pula bersifat derivasional. Reduplikasi yang pragmatis tidak mengubah identitas leksikal, melainkan hanya memberi makna gramatikal. Misalnya, meja-meja berarti ‘banyak meja’ dan kecil-kecil berati ‘banyak yang kecil’. Adapun yang bersifat derivasional membentuk kata baru atau kata yang identitas leksikalnya berbeda dengan bentuk dasarnya. Misalnya, kata takinkin ‘memakai kaus kaki’ dalam bahasa Marshall. Dalam bahasa Indonesia, kata laba-laba dari asal kata laba dan pura-pura dari asal kata pura barangkali dapat dianggap sebagai contoh reduplikasi derivasional.

 

Sumber: Abdul Chaer, Linguistik Umum. 2012. Jakarta: Rineka Cipta 

Post a Comment for " Pengertian, Jenis, dan Contoh Reduplikasi"