Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu bahasa Arab Ba’idah dan Baqiyah?

Bahasa Arab Ba’idah

Secara bahasa ba’idah artinya ‘jauh’. Disebut ba’idah karena bahasa ini merupakan jenis bahasa Arab yang sudah memurba (musnah) karena tak terselamatkan sejarah. Oleh karena itu bahasa ba’idah disebut dengan bahasa Arab prasasti yang biasa juga disebut arobiyah an-nuqusy, ini karena informasi tentang bahasa ini hanya diperoleh melalui keterangan tertulis dari prasasti yang ditemukan. Bahasa Arab Ba’idah yang ditemukan di sebelah utara Hijaz memiliki 3 dialek yakni Lihyaniyah, Samudiyyah, dan Shafawiyah.

Dialek lihyaniyah merupkan dialek yang dinisbahkan ke suku Lihyan, yang tinggal di bagian utara daerah hijaz. Usia paling tua prasasti ini adalah abad kedua atau pertama sebelum masehi, dan yang termuda sekitar abad ke VI Masehi. Sementara itu, dialek Samudiyah disandarkan kepada suku Samud. Suku ini diperkirakan mediami antara Hijaz dan Nejed. Prasasti dalam bahasa ini diperkirakan berasal dari abad ke III dan IV Masehi. Adapun dialek Safawiyah, prasasti terdapat di daerah safa. Diperkirakan berasal dari abad ke III dan IV Masehi.

Bahasa Arab Baqiyah

Secara bahasa Baqiyah artinya ‘yang tersisa’. Bahasa Arab baqiyah adalah bahasa Arab yang masih dipakai oleh bangsa Arab dalam kesustraan, tulisan, dan karangan. Bahasa ini tumbuh di negara Hijaz dan Nejed, kemudian tersebar ke seluruh wilayah yang pernah menggunakan bahasa Semit. Dari situlah muncul dialek-dialek dalam bahasa Arab hingga saat ini.

Bahasa Arab yang dipergunakan oleh orang-orang Arab sekarang atau yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis mulanya hanya tumbuh di wilayah Nejd dan Hijaz, namun selanjutnya menyebar ke berbagai daerah. Hal ini dipengaruhi oleh eksistensi Islam yang seiring waktu berkembang pesat melalui penaklukkan berbagai wilayah Timur Tengah. Bisa dikatakan eksistensi bahasa Arab ini sangat dipengaruhi oleh kehadiran Islam yang selanjutnya membuat penutur-penutur bahasa pada waktu itu memilih bahasa Arab sebagai alat komunikasi mereka. 

Post a Comment for " Apa itu bahasa Arab Ba’idah dan Baqiyah?"