Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Objek Kajian, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Shorof (Terjemah dari Kitab Amtsilah Jadidah)

Pengertian

Ilmu Shorof adalah Ilmu dasar yang berfungsi untuk mengetahui keadaan bentuk kata yang tidak terkait dengan i’robnya dan kata mabninya. Maksudnya, Ilmu shorof berbeda dengan ilmu Nahwu yang mempelajari i’rob dan kata yang mabni.

Tasrif adalah perubahan kata asal kepada bentuk-bentuk kata yang berbeda-beda untuk memperoleh makna yang diinginkan. Misalnya seperti perubahan dari bentuk نصر yang berarti ‘telah menolong’, menjadi ينصر yang berarti ‘sedang atau akan menolong’. Kajian terhadap perubahan itulah yang disebut dengan tasrif.

Dari dua pengertian tersebut, dapat dibedakan bahwa Shorof adalah nama ilmunya, dan tashrif adalah kegiatana yang dilakukan dalam pelajaran Shorof itu.

Objek Ilmu shorof

Objek ilmu shorof ada dua: Fi’il Mustaq (الفعل المشتق) dan Isim mutamakkin (الإسم المتمكن).    

Fi’il Mustaq adalah Fi’il yang bisa berubah kepada bentuk lainnya seperti lafaz: نصر . Fi’il tersebut berbeda dengan fi’il jamid yang tidak bisa diubah, seperti lafaz: نعم ، عسى

Isim Mutamakkin adalah isim yang yang bisa dibentuk ke dalam bentuk tatsniah (kata yang menunjukkan makna 2), jamak (kata yang menunjukkan makna banyak), bisa ditashgirkan, bisa dinisbahkan, dan lain sebagainya.

Manfaat Mempelajari Ilmu Shorof

Menjaga lafaz dari kesalahan ketika berbicara

Buah (Hikmah) mempelajari Ilmu shorof

Sebagai perantara untuk memahami Firman Allah SWT, dan Sabda Nabi Muhammad Saw.

Post a Comment for " Pengertian, Objek Kajian, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Shorof (Terjemah dari Kitab Amtsilah Jadidah)"