Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah - Istilah yang Berhubungan dengan Tanda

Dalam buku Signs in Contemporary Culture, Arthur Asa Berger menuliskan beberapa kata yang dianggap sangat penting dalam kaitannya dengan istilah tanda. Tulisan ini akan menghadirkan beberapa istilah yang berhubungan dengan tanda.

1.       Signature = tanda tangan

Tanda tangan merupakan suatu tanda nama seseorang. Dalam beberapa kasus, arti tanda tangan tetap terlihat meskipun dia hampir tidak terbaca. Hal tersebut menunjukkan bahwa fungsi tanda telah menjadi lebih penting ketimbang fungsi pemberian nama itu sendiri. Tanda tangan kita merupakan cara lain untuk menuliskan tanda tersebut. Hal itu sangat penting dalam situasi dimana sejumlah orang mempunyai nama yang sama. Di suatu kota kecil seperti di San Pransisco, terdapat lusinan orang yang bernama Jhon Smiths. Demikian juga dengan nama-nama lainnya. Bagi orang-orang tersebut, tanda tangan merekalah yang membedakan tanda keberadaan mereka, bukan nama mereka.

Kita juga menggunakan istilah “tanda tangan” untuk mempertahankan aspek-aspek yang istimewa dan membedakannya dengan suatu bentuk seni. Tanda tangan penulis menjadi bahan utama kritik film aktor. Hal inilah yang dimaksud oleh Geoffrey Nowell-Smith ketika ia memberi gambaran tentang teori auteur.

Ulasan diatas menunjukkan bahwa tanda tangan tidak hanya menunjukkan tanda yang sifatnya umum, tetapi memiliki makna yang lebih mendalam dan spesial.

2.       Resign : berhenti, mengundurkan diri.

kata resign ini berasal dari kata latin: resignar, yang berarti menghapus atau membatalkan, tetapi lebih langsung berarti membuang tanda kelembagaan. Untuk menunjukkan tanda seperti itu, orang yang bersangkutan menyodorkan pernyataan yang  (biasanya) telah ditandatangani. Sejak adanya kantor pemerintah, tingkatan dalam perusahaan dan seterusnya disertai dengan berbagai tanda, dan tindakan mengundurkan diri pun kebanyakan disertai dengan tanda tersebut. Tanda kepresidenan merupakan contoh,  seperti yang terjadi di Istana Negara, Angkatan Udara, dan lembaga resmi negara lainnya.

Resign dengan demikian masih terikat dengan makna tanda tangan, yakni suatu yang sifatnya khusus bahwa resign dilakukan saat berbagai usaha untuk mempertahankan pekerjaan sudah tidak bisa dilakukan lagi, oleh karena itu memtuskan kerjasama adalah jalan terakhir. Saat permohonan resign disetujui, maka yang terjadi pastilah satu kesepakatan yang ditandai dengan penandatanganan, atau surat keputusan yang ditandatangani.

3.       Insignia : lencana

Lencana bagi pejabat kepolisian tentu sangat penting. Tanpa lencana statusnya tidak akan bisa dipercaya oleh masyarakat terutama masyarakat Amerika. Jika kita lihat di film-film amerika, saat polisi datang, maka masyarakat akan bertanya ‘mana lencananya?’. Ini menunjukkan bahwa lencana (insignia) memiliki legitimasi pada jabatan atau posisi tertentu.

4.       Design ; pola

Istilah ini digunakan untuk menyebut pola atau bentuk pada tanda, atau barangkali untuk mengarahkan objek dan benda-benda hasil budaya pada tanda. Seorang perancang menggunakan bentuk, ukuran, warna, dan sebagainya dengan tujuan untuk menghasilkan arti dan emosi yang diinginkan.

5.       Significant : berarti, penting

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu  itu penting serta mengandung makna bahwa sesuatu tersebut berharga. Istilah itu menyatakan pemahaman yang berharga bagi kita.

Kelima istilah diatas pada prinsipnya mengandung unsur yang sama dengan sign ‘tanda’ secara makna dasarnya, yakni sesuatu yang yang menandai urgensi atau eksistensi sesuatu. Meskipun begitu penggunaan kelima kata ini lumrah dalam tuturan kita sehingga mengandung makna-makna tertentu berdasarkan konvensi masing-masing komunitas bahasa.

Post a Comment for "Istilah - Istilah yang Berhubungan dengan Tanda "