Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Penelitian dengan Teori Analisis Filsafat Bahasa

 

1.       Horison Pragmatic Pluralism sebagai Paradigma (berbahasa) Penumbuh Inklusivitas Beragama: Analisis Bahasa Keagamaan dalam Film Negeri Tanpa Telinga

Abstrak:

Tulisan ini bertujuan untuk membuka pemahaman keagamaan agar tidak terpaku pada keterpanaan tuturan, tapi mengajak untuk melihat substansi prilaku. Dalam film Negeri Tanpa Telinga kita diarahkan menuju dekonstruksi kebahasaan yang memaparkan tentang penggunaan bahasa agama sering kali hanya sebatas pencitraan yang menipu. Bahasa bukanlah cerminan sikap dimana bahasa tidak semata ditentukan oleh struktur bahasa secara gramatik. Pemahaman bahasa harus plural sehingga menggerakkan seseorang menuju horison pragmatik pluralism. Pandangan ini selanjutnya akan berimplikasi pada inklusifitas seseorang dalam kehidupannya termasuk dalam hal beragama.

 

Tulisan Lengkapnya bisa dibaca disini

 

2.      Prinsip-Prinsip Filsafat Bahasa dan Etika Dalam Pemaknaan Kalam Ibnu Malik

Abstrak:

Tulisan ini bertujuan untuk mengelaborasi makna (interpretasi) dibalik pemaknaan kalam ibnu Malik kaitannya dengan prinsip-prinsip filsafat bahasa dan etika. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode hermenetuika Recour yang menekankan pada proses interpretasi makna. Hasil analisis menunjukkan bahwa prinsip filsafat bahasa yang tersirat di dalamnya adalahbahasa yang utuh yaitu bahasa yang memiliki wujud materi dan immateri serta konsistensiantara tuturan dan tindakan. Adapun prinsip etika yang tersirat adalah bahwa manusia harus bisa menjaga prinsipnya secara individu dan selalu peduli dalam konteks sosial serta harus selalu konsisten dengan apa yang dikatakan.

 

Tulisan lengkap bisa dibaca disini

Post a Comment for "Contoh Penelitian dengan Teori Analisis Filsafat Bahasa"