Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar-dasar Mempelajari Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Selain itu, bahasa Mandarin juga menduduki peringkat pertama sebagai bahasa tersulit. Sebenarnya jika mengetahui dasar-dasar dalam mempelajari bahasa mandarin, tentu bahasa ini tidak akan sesulit seperti yang diekspetasikan oleh semua orang. Lalu apa saja dasar-dasar tersebut? Berikut dijelaskan secara singkat, jelas, dan sederhana.

Bahasa mandarin memiliki  3 unsur dasar yang wajib diketahui sebelum dipelajari:

1.      Pinyin (拼音)

      Pinyin merupakan gabungan antara huruf konsonan dan vokal yang membentuk suku kata. Pinyin berbentuk huruf latin dan telah digunakan secara formal sejak tahun 1958 silam.

Contoh:

Konsonan

Vokal

Suku kata

Arti

m

a

mā

Ibu

 

Suku kata bisa berbentuk pinyin yang hanya terdiri oleh huruf vokal. Namun suku kata tidak boleh hanya terdiri oleh huruf konsonan.

 

2.      Nada  (声调)

      Nada atau pelafalan adalah perangkat yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan dalam bahasa Mandarin. Setiap suku kata mempunyai nada dan terletak di atas huruf vokal. Nada memiliki peran penting karena dalam bahasa mandarin ada banyak suku kata dengan pinyin yang sama, dan eksistensi nada berperan sebagai pembeda pada pinyin yang sama tersebut.

Ada 4 jenis nada:

ā                 á                 ǎ                 à                 a

nada 1             nada 2              nada 3              nada 4              nada ringan/netral

Contoh

NADA

PINYIN & HANZI

ARTI

1

Ibu

2

kodok

3

kuda

4

Memarahi

Ringan/netral

Ma

Kata bantu dalam kalimat tanya

 

3.      Hanzi

      Hanzi adalah salah satu sistem penulisan ideografis, yaitu penulisan dengan menggunakan simbol untuk menyampaikan gagasan. Hanzi telah ada sejak puluhan ribu tahun silam dan telah mengalami banyak perubahan atau penyederhanaan.

Satu hanzi menyimbolkan satu suku kata yang terdiri dengan sebuah nada.

Contoh

Pinyin

Hanzi

Arti

Aku

Kamu

Wǒmen

我们

Kita

 

      HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) merupakan level yang digunakan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan tentang bahasa mandarin yang telah dikuasai. HSK terbagi menjadi HSK 1 sampai HSK 9. Umumnya menguasai HSK 4 sudah bisa menjadi bekal  untuk melanjutkan studi di Tiongkok.

      Belajar HSK bisa dilakukan secara otodidak dengan membeli buku HSK di gerai-gerai buku, atau dengan mengikuti kelas HSK secara online maupun offline.

      Selain dengan belajar HSK, membiasakan telinga mendengar bahasa mandarin merupakan cara alami untuk cepat menguasai bahasa ini. Contohnya ialah dengan banyak menonton film dan mendengar musik berbahasa mandarin.


Penulis: Arvia Fuja Aslami (Mahasiswa Huaqiao University Tiongkok)

Sumber gambar: pexels.com

Post a Comment for " Dasar-dasar Mempelajari Bahasa Mandarin"