Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Filsafat Bahasa Positivisme dan Ordinary Language


Aliran positivisme muncul pada abad ke-19 merupakan sebuah aliran filsafat yang menandai semakin berkembangnya ilmu pengetahuan modern. Menurut aliran  positivisme pengetahuan berpangkal pada apa yang telah diketahui, yang factual empiris, teruji, dan teramati  atau yang positif. Segala persoalan yang berada di luar  apa yang ada sebagai fakta dikesampingkan. 

Bisa dikatakan bahwa aliran positivisme menolak metafisika.Positivisme juga menolah aktivitas yang berkaitan dengan batiniah baik berupa ide maupun gagasan.Segala sesuatu yang kita ketahui secara positif adalah segala yang nampak dan bersifat empiris dan segala gejala.Positivisme membatasi filsafat dan ilmu pengetahuan pada bidang gejala-gejala saja.

Ordinary language philosophy
Ordinary language atau filsafat bahasa biasa merupakan konsep pemikiran filsafat analitik sebagai reaksi ketidakpuasan dunia pemikiran filsafat yang didominasi oleh tradisi idealism terutama kalangan teolog yang sangat mengedepankan pentingnya metafisika.Analisis bahasa merupakan sarana untuk menyelesaikan problema-problema filsafat.

Ordinary language menyadari bahwa bahasa dalam berbagai kehidupan manusia terdapat bermacam konteks yang tidak mungkin hanya diungkapkan melalui formulasi logika bahasa seperti konsep Wettgenstein yang pertama.Segi pragmatic bahasa dalam kehidupan sehari-hari semakin disadari oleh Wettgenstein sehingga terdapat sebagian bahasa yang digunakan dalam berbagai macam konteks kehidupan. Dalam Philoshopical Investigation bahasa itu digunakan bukan hanya untuk mengungkapkan proposisi-proposisi logis melainkan digunakan dalam banyak cara yang berbeda untuk mengungkapkan pembenaran, pertanyaan-pertanyaan, perintah, pengumuman dan banyak  gejala-gejala lainnya yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. 

Mendasarkan pada bahasa sehari-hari, yaitu bahasa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari Ordinary Language oleh karena itu kehidupan sehari-hari bersifat kompleks yaitu meliputi berbagai macam bidang kehidupan.

Post a Comment for "Teori Filsafat Bahasa Positivisme dan Ordinary Language"