Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Wazan dalam Bahasa Arab

Daftar Isi
  1. Pengertian Wazan
  2. Mashdar
  3. Sifah Musabahah
  4. Isim Fa'il
  5. Sifah Mubalagah
  6. Jamak Taksir
  7. Daftar Pustaka

Wazan dalam bahasa Arab memiliki posisi sentral sebagai penentu makna. Ini karena bahasa arab memiliki keunikan tersendiri, berupa perubahan kata dari satu bentuk ke berbagai bentuk untuk mendapatkan makna yang diinginkan. Ada banyak bentuk kata dalam bahasa Arab, yang setiap katanya memiliki wazan-wazan yang sangat banyak.

Pengertian Wazan


Dalam sudut pandang ilmu shorf (al-mizan as-shorfi), wazan merupakan timbangan (miqyas) kata yang dibuat para Ulama bahasa Arab untuk mengetahui keadaan bentuk kata.  Di antara bentuk-bentuk kata yang ada dalam bahasa arab, beberap diantaranya memiliki wazan-wazan atau timbangan-timbangan yang digunakan untuk pembentukan kata, misalnya mashdar, isim fail, sifat musabahah dan sebagainya. Model-model ini sebagaimana dikatakan di muka berfungsi untuk membentuk makna.

Sebagaimana diketahui, Bahasa Arab memiliki gramatika yang unik, seperti perbedaan wazan antara kata yang terdiri dari tiga huruf (tsulatsi) dengan kata yang lebih dari tiga huruf (rubai mujarrad, tsulatsi mazid). Kenyataan ini membuat kita penting untuk mengkaji wazan-wazan tersebut untuk membantu kita dalam membuat kata-kata yanng bersangkutan.

Dalam makalah ini akan dijelaskan bentuk-bentuk wazan dalam kata-kata bahasa Arab untuk menjadi petunjuk dalam membuat kata-kata yang diinginkan berdasarkan makna tertentu.

Adapun dalam makalah ini akan dibahas diantaranya: isim mashdar, isim fail, sifah musyabahah, mubalaghah isim fail dan jama’ taksir. Semua kata-kata ini memiliki bentuk-bentuk yang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh tekstur kata, yakni apakah dia terdiri dari tiga huruf atau lebih.
Akhirnya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Atas segala kekurangan, mohon saran dan kritik untuk perbaikan selanjutnya



A.  

Mashdar

Mashdar adalah lafaz yang menunjukkan suatu kejadian, tidak terikat waktu, teridiri dari huruf-huruf fiilnya secara lafzi.[1]
Ø المصدر الثلاثي
Masdar dari fi’il tsulasi hukumnya adalah sima’i yakni tidak ada faidah yang umum untuknya, namun para ulama sharaf telah memberi keteranganyang umum dipakai pada masdar tsulasi ini;
1.      Yang menunjukkan arti pekerjaan, masdarnya mengikuti wazan فــعالــة


فَعَلَ
فِعالَــةٌ
معنى
فلح
فلاحة
Bertani
زرع
زراعة
Menanam

2.      Menunjukkan arti penyakit, masdarnya mengikuti wazan; فـعال
معنى
فُعالٌ
فعل
Batuk
سعال
سعل
Pusing
صداع
صدع

3.      Menunjukkan arti suara, masdarnya mengikuti wazan; فــعـيل أم فـعال
معنى
فعيل و فعال
فعل
Menjerit
صريــخ
صرخ
Mengkungkung
عواء
عوى

4.      Mengikuti arti warna, masdarnya mengikuti wazan;  فــعلــة

معنى
فُعْلَةٌ
فعل
Merah
حمرة
حمر
Kuning
صفرة
صفر

5.      Menunjukkan arti menghampiri, masdarnya mengikuti wazan; فــعول
معنى
فعولٌ
فعل
Datang
قدوم
قدم
Naik
صعود
صعد

Ø المصدر الرباعى
1.         Fi’il ruba’i mujarrad masdarnya berupa wazan; فعللة

معنى
فعللةٌ
فعلل
Menggelindingkan
دخرجة
دخرج
Membaca hamdalah
حمدلة
حمدل

2.         Masdarnya fi’il tsulatsi mazid ruba’i
معنى
افعالٌ
اَفْعَلَ
Menyerah
اسلام
اسلم

معنى
تفعيل
فعّل
Meng-Esa-kan
توحيد
وحد

معنى
مفاعلة
فاعل
Membahas
مناقشة
ناقش

Ø المصدر الخماسي و السداسي
Masdarnya fi’il tsulatsi atau ruba’i mazid khumasi yang berwazan  "تفعلل" dan  "تفاعل" adalah sama denganfi’il madlinya, hanya saja huruf sebelum ahir dibaca dlumah;
تدخرخَ     =        تدخرُجٌ 
تجاهلَ      =        تجاهُلٌ

Ø المصدر الميــمى
Masdar yang di dahului oleh mim za’idah dan masdarnya fi’il tsulatsi mujarad adalah berwazan; مَفْـعَلٌ
معنى
مَفْـعَلٌ
فعل
Minum
مشرب
شرب
Putus asa
ميأس
يئس

Ø المصدر الصناعى
Masdar sina’i adalah masdar yang digunakan untuk menunjukkan sifat khusus yang ada pada masdar tersebut, adapun caranya dengan menambah (يــ) yang bertasydid dan (ة) di akhirnya;
انـسان) =        ( انـسانية
Ø المصدر المرّة
Masdar marrah juga disebut isim marrah yaitu masdar yang di gunakan untuk menunjukkan bahwa pekerjaan itu terjadi satu kali, adapun wazannya;
Jika dari fi’il tsulatsi mujarad maka berwazan; فَـعْلَـةٌ
Duduk satu kali
جلسة
جلس
Berkata satu kali
قولة
قال

Jika dari ghairu tsulatsi mujarad (غير ثلاثى مجرد) maka masdar marrahnya (المصدر المرّة) sama dengan masdar ghairu mim, hanya saja di tambah (ة) di akhirnya;
Bertasbih sekali
تسبيحة
سبّح
Pergi satu kali
انطلاقة
انطلق

Ø المصدر الهينة
Masdar hai’ati itu di sebut isim nau’ ialah masdar yang menunjukkan bentuk atau cara di lakukannya pekerjaannya. Masdar hai’ati hanya dibentuk dari fi’il tsulatsi mujarad saja, adapun caranya dengan menggunakan wazan;فِعلةٌ
جلس       =        جِـلسة
جلس فريد جِـلـسةَ العلماء   (farid duduk seperti duduknya ulama)








B.  

Sifah Musyabahah

(
الصفة المشبهة)
Sifat Musyabbahah ialah sifat yang dibentuk untuk seseorang yang berbuat tetapi tidak dari segi pekerjaan namun ia merupakan sifat yang tetap[2]. Adapun wazan الصفة المشبّهة itu pada umumnya adalah;
1.      Apabila fi’ilnya berwazan فَعِلٌ maka sifatmusyabbah adalah;
a.       فَعِلٌ atau فَـعِـلَـةٌ yang menunjukkan arti senang atau sedih
فَرحَ menjadi فَرِحٌ atau فَرِحَةٌ
b.      أَفْعَلُ atau فَعْـلاءُ yang menunjukkan arti warna
حَمِرَ  menjadi  اَحْمَرُ / حمراء
c.       فَعْلانُ atau فَعْلَى yang menunjukkkan arti kosong
عَطِشَ menjadi عَطْشاَنُ / عطْشَى

2.      Apabila fi’ilnya berwazan فَعُلَ maka sifat  musyabbahnya adalah;
a.       فَعَلٌ contoh          ; حسُن  -         حَسَنٌ     =          yang bagus
b.      فَعيلٌ contoh         ; طال    -         طويلٌ     =          yang panjang
c.       فَعولٌ contoh         ;صَرُمَ     -         صَرومٌ     =          yang berani
d.      فُعالٌ contoh         ;شجعٌ     -         شُجاعٌ      =          yang berani
e.       فَعالٌ contoh         ;جَبُنَ     -         جَباَنٌ      =          pengecut
f.       فُعُلٌ contoh          ;جَنُبَ    -         جَنُبٌ     =          yang junub
g.      فَعْلٌ contoh          ;صَعُبَ   -         صَعْبٌ    =          yang sulit
h.      فِعْلٌ contoh          ;مَلَحَ     -         مِلْحٌ        =          yang manis
i.        فُعْلٌ contoh          ;صَلَبَ    -         صُلْبٌ      =          yang keras
3.      Apabila fi’ilnya berwazan (فَعَل) maka berwazan; فَيْـعِلٌ
ساد   -         سيد     =        yang mulia
مات  -         ميت     =        yang mati
Wazan الصفة المشبّهة tersebut diatas dapat diringkas dalam skema berikut;
C. 

Isim Fa'il

(
اسم فاعل)
Isim Fa’il ialah isim yang dibentuk untuk menunjukkan arti orang yang berbuat atau yang melakukan pekerjaan. Adapun cara untuk membentuknya sebagai berikut;
a.       Jika dari fi’il tsulatsi mujarad maka wazannya;فاعِلٌ
Orang yang menulis
كاتب
كتَب
Orang yang bermain
لاعِبٌ
لعِب
Orang yang buta sebelah
عاوِرٌ
عوِر

Namun apabila ‘ain fi’ilnya () berupa alif maka alifnya harus diganti dengan hamzah:
Orang yang berkata
قائِلٌ
قال
Orang yang menjual
بائِعٌ
باع

Terjadi perbedaan pendapat tentang penggantian huruf illat ain fiil dengan hamzah pada lafaz qoil maupun ba’iun. Keterangan di atas adalah pendapat mayoritas ulama’ nahwu, namun sebagain berpendapat bahwa seharusnya ain fiilnya ditetapkan dengan huruf aslinya, seperti قال  dari kata قول  yang isim failnya seharusnya: قاول. Ibnu madha’ menganggap perbedaan pendapat ini sebagai perdebatan yang tidak perlu dibesar-besarkan, karena sejatinya berbahasa adalah tentang memperbaiki kefasihan berbicara[3].
b.      Jika terdiri dari ghairu tsulatsi mujarad maka isim fa’ilnya terbentuk dari fi’il mudlari’nya. Hanya saja huruf mudlari’nya diganti dengan mim yang berharakat dlammah  dan huruf sebelum ahir dibaca kasrah;
دخرخ – يدخرج  = مُدخرِجٌ                       yang menggelinding =
أخرج – يخرخ     = مُخْرِجٌ             yang mengeluarkan =
استغفر – يستغفر = مُستغْفِرٌ                        yang mohon ampun =

Namun apabila huruf sebelum ahir yang ada pada fi’il mudlari’ tersebut berupa alif  maka cukup mengganti dengan mim yang berharakat dlamah:
اختار – يختار     = مختار               = yang memilih
اكتال – يكتال     = مكتال              = yang menimbang
D. 

Sifah Mubalagah

(
الصفة المبالغة)
Sighat Mubalaghah ialah isim yang dibentuk dari fi’il dan isim tersebut menunjukkan arti isim fa’il yang disertai pengukuhan atau penguatan arti, Sighat Mubalaghah ini hanya hanya terbentuk dari fi’il tsulatsi mujarad.
Sighat Mubalaghah mempunyai beberapa wazan;
1.    فَـعِــيْلٌ
نحو: عزيز، رحيم، سميع  
2.    فَعَّالٌ
نحو: غــفّار، وهّاب، رزّاق
3.    فَعُوْلٌ
نحو: شكور، غـفــور
4.    فَعِلٌ
نحو: حذف، فرح




E.    

Jamak Taksir

(
جمع التكسير)
Jamak taksir ialah isim yang menunjukkan arti banyak untuk semua kalimat mufrad, baik benda mati maupun benda hidup, laki-laki maupun perempuan, berakal ataupun tidak.
Jamak taksir dibagi menjadi dua:
a.       جمع تكسير قلة ialah jamak taksir yang menunjukkan arti banyak antara 3 s/d 10, adapun wazannya ada empat macam:
wazan jamak taksir killah
Untuk kalimat yang berwazan
Contoh
Bentuk Mufrad
Bentuk jamak

أَفْعــلٌ
فَعْلٌ
نَجْمٌ
اَنْجُمٌ
فِعالٌ
ذِراعٌ
اذْرُعٌ
فعِيلٌ
يَمِيْنٌ
اَيْمُنٌ

أفْــعَـــالٌ

فــُعُــلٌ
عنُقٌ
أعناقٌ
فُــعْــلٌ
قُــفْلٌ
أقفالٌ
فعلٌ
جَملٌ
أجمال
أَفْــعِلَـــةٌ
حرف علة قبل آخر
طعام
أطعمة

فِــعْــلَـــةٌ
فعَلٌ
فتى
فِــتْيةٌ
فَــعْلٌ
ثوْرٌ
ثِيْرةٌ
فَــعِــيْلٌ
فــقيْرٌ
فِــقْرةٌ
فَــعالٌ
غُلام
غلمة


b.      جمع تكسير كثرة ialah jamak taksir yang menunjukkan arti banyak antara 11 s/d tak terhingga, adapun wazannya;
Wazan jamak taksir kasrah
Untuk kalimat yang berwazan
Contoh
Bentuk Mufrad
Bentuk Jamak
فُــعْــلٌ
اَفْعَلُ
أصْفَرُ
صُفْرٌ
فَعْلاءٌ
سَوْداءٌ
سُوْدٌ

فُــعُــلٌ
فَــعُولٌ
صبور
صُبُرٌ
فِــعالٌ
عماد
عمد
فَعِيلٌ
سرير
سرر
فَــعالٌ
خمار
خمر

فُـــعَـــلٌ
فُــعْلَةٌ
غرفة
غرف
فُــعْلى
كبرى
كبر
فِـــعَـــلٌ
فِعْلَةٌ
بدعة
بدع
فَــعَـــلَةٌ
فاعِلٌ
كاتب
كتبة
فِــعَــلَةٌ
فُــعْلٌ
قُـــفْلٌ
قفلة


فَــعْــلى
فعيل
قتيل
قتلى
فاعل
هالك
هلكى
فَيْعِلٌ
ميت
موتى
افْعلٌ
احمق
حمقى
فَعْلانٌ
سكران
سكرى
فُــعّلٌ
فاعل
ضارب
ضرّب


فِــعَالٌ
فَــعْلٌ
صعب
صعاب
فَــعَــلَةٌ
ثمرة
ثمار
فِــعْلٌ
ذئب
ذئاب
فَــعِــيلٌ
كريم
كرام
فَـعْلانٌ
عطشان
عطاش

فُــعُوْلٌ
فَــعِلٌ
كبد
كبود
فَــعَــلٌ
اسد
اسود

فِــعْــلانٌ
فُــعَلٌ
جرذ
جراذ
فُــعْلٌ
حوت
حيتان

فُــعْــلانٌ
فَــعْلٌ
ظهر
ظهران
فَــعِيْل
حبيب
حبّان
فَــعَلٌ
بلد
بلدان

فُــعَــلاءُ
فـَــعِيل
كريم
كرماء
فاعل
عاقل
عقلاء
أفْــعِـلاءُ
فَعيلٌ
وليٌّ
أولياء

فواعلُ
فاعل
جاهل
جواهل
فاعلة
نافعة
نوافع

فَــعائِلُ
فَــعالــةٌ
سحابة
سحائب
فَــعيلـةٌ
طريقة
طرائق
فَــعالَى
فَــعْــلاء
صحراء
صحارى

فُــعْــلىَ
حبلى
حبالى
فَــعالِىُّ
اسم ثلاثى
كرسيّ
كراسي
فَــعالِلُ
اسم رباعى
جعفر
جعافر
فَــعالــيلُ
اسم خماسى
عصفور
عصافير

Daftar Pustaka

Musthafa Algholayaini. Jami’uddurus Allughotil Arobiyah. 2008. Birut: darul bayan.
Sa’id Fiddaroini. Falsafatul I’rob. 2004. Surabaya: Devisi Penerbitan Nahdlatul Ulama’ Jawa Timur.
Ibnu Madha’. Arroddu ‘Ala an-Nuhat. 1979. Qairo: Darul I’tishom
Fuad Nikmah. Mulakkhosh Qowaidullughoh al-Arobiyah. Tanpa tahun. Surabaya: Hidayah.





[1] Musthofa al-Gholayaini. Jamiuddurus Allughotil Arobiah. (2008, Birut: darul bayan) hal. 128
[2] Musthofa Al-Gholayaini. Ibid. Hal. 146
[3] Ibnu Madha’. Arraddu ‘alannuhat. (1979, Qairo: Darul i’tishom) hal. 135-137

anda mungkin membutuhkan Terjemah Matan Jurumiyah, bisa dibaca disini!

4 comments for "Ragam Wazan dalam Bahasa Arab"